Huruf Balok Kuningan Custom - Pengadilan Negeri Teluk Kuantan

Cara Mencegah Karat Pada Kerajinan Kaligrafi Logam

Kerajinan Jam Dinding Kuningan

Kerajinan jam logam adalah satu dari banyak ragam material pembuatan kerajinan jam yang kerap kali digunakan sebagai hiasan interior sebuah hunian. Baik hunian pribadi seperti perumahan maupun bangunan-bangunan perkantoran sebagaimana jamak kita jumpai. Tentu saja, baik jam logam maupun jam non logam memiliki keunggulan masing-masing.

jam dengan material logam misalnya. Antara lain memiliki keunggulan berupa ketahanan yang cukup bisa dihandalkan sehingga awet dan tahan akan benturan, memiliki bentuk yang beragam oleh karena kemudahannya dalam pembentukan sesuai dengan pola yang diinginkan, serta bisa dilakukan dengan proses pengerjaan yang tidak bertele-tele.

Hanya saja, meski material logam khususnya kuningan dan tembaga terkategori tahan akan gangguan karat atau gangguan korosi secara umum, tetap saja masih berpeluang mengalami korosi.

Mengenal Korosi Pada Material Logam

Korosi tidak lain dan tidak bukan adalah kerusakan yang terjadi pada sebuah material dalam hal ini material logam oleh sebab adanya reaksi kimia di sekitar lingkungan material. Yang selanjutnya korosi dibedakan menjadi korosi basah dan korosi kering. Meski demikian, baik korosi basah maupun korosi kering keduanya merupakan fenomena alami yang sangat mungkin terjadi ketika faktor-faktor pemicunya memadai. Oleh karena itu, menjadi penting untuk juga mengetahui apa saja yang kemudian menjadi faktor munculnya fenomena korosi.

Tips Mencegah Korosi Pada Kerajinan Kaligrafi Logam

Mengetahui apa itu korosi dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan korosi sudah. Berikutnya tinggal membahas apa saja langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadi korosi. Langkah-langkah berikut bisa dan bahkan sebaiknya Anda lakukan jauh sebelum muncul tanda-tanda korosi pada logam yang bisa berupa pudarnya warna mengkilap, munculnya warna kehijauan pada logam, dan yang sejenis dengan itu.

1. Lakukan Pengecatan Pada Permukaan Kerajinan Logam

Langkah pencegahan korosi yang pertama adalah dengan melakukan pengecatan pada permukaan logam. Dengan begitu, kontak secara langsung antara material logam dengan lingkungan sekitar bisa diminimalisir. Sehingga resiko terjadinya korosi juga bisa lebih ditekan.

2. Melumuri Oli Pada Permukan Material Logam

Berikutnya, Anda juga bisa melakukan pelumuran oli pada permukaan logam yang sudah jadi. Tentu saja, langkah yang kedua ini sebaiknya dilakukan di sebelum sesi atu opsi pengecatan. Sebab, jika dilakukan setelah pengecatan maka pelumasan oli itu sendiri menjadi kehilangan guna. Selain juga merusak keindahan dan estetika daripada logam yang sudah melalui proses pengecatan.

Oleh karena itu, proses pelumuran oli atau bisa juga meggunakan gemuk adalah di sebelum proses pengecatan. Hal ini agar perlindungan pada material logam bisa menjadi perlindungan ganda. Dengan perlindungan ganda resiko korosi juga semakin kecil.

3. Pemberian Fram kaca pada Kerajinan Kaligrafi Logam

Kaligrafi Letter Kuningan

Selain langkah antisipasi korosi secara langsung, juga ada langkah antisipatif secara tidak langsung yang juga bisa Anda lakukan. Yaitu dengan memberikan atau menambahkan instrumen frame kaca pada kaligrafi logam yang sudah siap untuk dipajang sebagai hiasan dinding interior.

4. Tin Plating

Tin plating secara sederhana bisa diartikan sebagai proses elektrolisis yang dilakukan guna menghindarkan material dalam hal ini logam dari berbagai faktor-faktor kerusakan. Tentu saja, karakter dari material yang relevan untuk proses ini adalah berbagai bahan atau material logam.

5. Galvanisasi

Galvanisasi juga bisa menjadi salah satu langkah antisipatif dalam menjaga kaligrafi logam dengan cara melakukan pelapisan menggunakan zink plating. Setelah proses pelapisan zink plating atau galvanisasi, logam bisa lebih terlindungi dari proses oksidasi.

6. Mengontrol Kelembapan Udara

Mengontrol kelembapan udara pada ruangan yang disitu terdapat material logam juga bisa untuk turut menjadi perhatian. Opsi ini menjadi opsi alami yang sangat representatif untuk dicoba. Sebab, Anda relatif tidak membutuhkan alat bantu khusus untuk sekedar mengatur tingkat kelembapan.

Mengatur tingkat kelembapan disini antara lain bisa dengan mengatur tingkat keterbukaan ruangan sampai dengan penyesuaian AC dalam interior. Jadi, opsi ini menjadi sangat mungkin untuk dilakukan dalam keseharian.

Nah, demikian itulah ulasan seputar apa itu korosi, faktor-faktor penyebab korosi sampai dengan langkah-langkah mudah dalam mengantisipasi terjadinya korosi pada material logam yang Anda miliki. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.